Jumat, 11 November 2011

Pemuda dan Sosialisasi

PEMUDA

Masalah pemuda adalah masalah yang selalu ada dan dialami setiap orang karena hal ini merupakan proses pendewasaan seseorang. Pemuda saat ini berbeda dengan pemuda di masa yang dulu, perbedaannya terlihat jelas dari segi pemikiran, pergaulan, pemecahan masalah, dan lainnya. Hal ini dikarenakan zaman dahulu tak begitu banyak perkembangan yang disertai dengan perkembangan terknologi. seiring dengan berkembangnya suatu teknologi, maka hal ini bisa berpengaruh terhadap karakter pemuda tersebut. Sebagai contoh, di masa lalu ketika belum Handphone dan PC yang disertai internet untuk berkomunikasi dengan seseorang, para pemuda aktif dalam kegiatan masyarakat di sekitarnya sembari mencari kenalan sebanyak mungkin, tapi sekarang dengan banyaknya fasilitas tersebut, para pemuda menjadi pasif dalam kegiatan bermasyarakat dan cenderung hanya mau berkomunikasi dengan orang yang sudah dikenal dari dulu. Bahkan teknologi pun disalahgunakan, dengan adanya internet para pemuda sering mengunjungi situs-situs yang tak berguna, dan bahkan karena terlalu "Addicted" dengan internet, masalah sekolah maupun kuliah pun terlupakan. Dengan begitu pemuda pun sangat mudah dipengaruhi.







Pergaulan saat ini terbilang rawan apabila sang keluarga tak mengawasinya dengan baik. Sebenarnya hal ini juga tergantung pada karakter pemuda tersebut jika ia bisa membatasi mana yang boleh dia lakukan dan mana yang tidak boleh, tentunya dia tidak akan terjerumus pada hal yang buruk. Tetapi kenyataan berbeda dengan apa yang kita pikirkan, pemuda saat ini bisa dikatakan semau mereka, yang penting apa yang mereka lakukan itu fun dan mereka enjoy. Dengan pemikiran yang salah dan rasa keingintahuan yang tinggi, terjadilah hal yang seharusnya tidak terjadi. Seks bebas, hamil di luar nikah, narkoba dan yang lainnya. Sebagai seorang pemuda, haruslah kita instropeksi diri dan waspada pada sekitar kita, haruslah kita memilah mana yang baik dan buruk dan jika tahu hal tersebut buruk, jauhi, jangan karena rasa keingintahuan yang tinggi kita malah mencobanya. Terlebih lagi pemuda tidak bisa jauh dari yang namanya rokok, coba hitung dari antara pemuda yang kau kenal, berapa banyak dari mereka yang merokok? Apa malah lebih gampang menghitung mereka yang tidak merokok?? Bermula dari coba-coba dengan alasan masing- masing malah berlanjut menjadi ketergantungan, dan pemuda saat ini sudah mengenal minuman keras, dikarenakan banyak tokomaupun mini market yang dengan mudahnya menjual miras tersebut.







Sebenarnya semua ini bisa dikatakan pemuda sangat rentan terhadap segala apa yang ada disekitarnya, oleh karena itu pemuda dan pemudi harus waspada terhadap semuanya, dan janganlah terpengaruh tehadap segalanya, harus dipikirkan secara matang apa yang akan terjadi bila pemuda / pemudi melakukan sesuatu yang diluar dari kebaikan demi untuk menjaga nama baik dirinya






SOSIALISASI

Melalui proses sosialisasi, Karakter seorang pemuda akan terbentuk.Dengan proses sosialisasi, seseorang menajdi tahu bagaimana ia mesti bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan. Dalam hal ini sosialisasi diartikan sebagai proses yang membantu individu melalui belajar dan menyesuaikan diri, bagaiman cara hidup dan bagaimana cara berpikir dalam kelompoknya agar dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. Sosialisasi merupakan salah satu proses belajar kebudayaan dari anggota masyarakat





Proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Berbeda dengan inkulturasi yang mementingkan nilai-nilai dan norma-norma kebudayaan dalam jiwa individu, sosialisasi dititik beratkan pada soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya. Oleh karena itu proses sosialisasi melahirkan kedirian dan kepribadian seseorang. Kedirian (self) sebagai suatu prosuk sosialisasi, merupakan kesadaran terhadap diri sendri dan memandang adanya pribadi orang lain di luar dirinya. Kesadaran terhadap diri sendiri membuat timbulnya sebutan “aku” atau “saya” sebagai kedirian subyektif yang sulit dipelajari. Asal mula timbulnya kedirian :

"Dalam proses sosialisasi mendapat bayangan dirinya, yaitu setelah memperhatikan cara orang lain memandang dan memperlakukan dirinya. Misalnya ia tidak disukai, tidak dihargai, tidak dipercaya; atau sebaliknya, ia disayangi, baik budi dan dapat dipercaya"

"Dalam proses sosialisasi juga membentuk kedirian yang ideal. Orang bersangkutan mengetahui dengan pasti apa-apa yang harus ia lakukan agar memperoleh penghargaan dari orang lain. Bentuk-bentuk kedirian ini berguna dalam meningkatkan ketaatan anak terhadap norma-norma sosial."

Bertitik tolak dari pengertian pemuda, maka sosialisasi pemuda dimulai dari umur 10 tahun dalam lingkungan keluarga, tetangga, sekolah, dan jalur organisasi formal atau informal untuk berperan sebagai mahluk sosial, mahluk individual bagi pemuda

Thomas Ford Hoult, menyebutkan bahwa "Proses sosialisasi adalah proses belajar individu untuk bertingkah laku sesuai dengan standar yang terdapatdalam kebudayaan masyarakatnya. Menurut R.S. Lazarus, proses sosialisasi adalah proses akomodasi, dengan mana individu menghambat atau mengubah impuls-impuls sesuai dengan tekanan lingkungan, dan mengembangkan pola-pola nilai dan tingkah laku-tingkah laku yang baru yang sesuai dengan kebudayaan masyarakat"





Sebagai pemuda, marilah kita tunjukkan keprbadian kita yang baik, rasa nasionalisme yang tinggi dan kepedulian terhadap masalah di sekitar, dan tentunya dalam menghadapi masalah dan menentukan suatu keputusan haruslah kita berpikir kritis. Kita boleh memanfaatkan berbagai macam teknologi yang ada untuk medapat sebuah informasi, tapi janganlah hal tersebut disalahgunakan, dan jangan sampai malah kita yang diperbudak oleh teknologi tersebut. Mencari teman sebanyak mungkin, tapi janganlah terpengaruh oleh mereka yang kurang pergaulannya, jangan sampai karakter yang sudah ada dalam dirimu berubah karena pengaruh mereka.Jauhi seks bebas, narkoba dan rokok karena hal itu selain berpengaruh terhadap jasmani kita, juga berpengaruh pada mental kita. Jadilah pemuda yang berguna didalam masyarakat dan aktiflah bersosialisasi dengan sesamamu :)












sumber: http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab4-pemuda_dan_sosialisasi.pdf
             http://achmadsaugi.wordpress.com/2009/12/11/pemuda-dan-sosialisasi/

2 komentar:

  1. Hhh...akhir-akhir ini makin dapat sering dilihat tingkah "para pemuda harapan masa depan" yang kacau ini.. Saya gak bisa comment lebih jauh lagi tentang itu..

    "Jadilah pemuda yang berguna didalam masyarakat dan aktiflah bersosialisasi dengan sesamamu :)"
    Saya akan berusaha aktif dah..-_-

    BalasHapus
  2. ya , akan lebih baik jika kita aktif dalam bermasyarakat, tapi sebenarnya tergantung daripada kepribadian orang itu sendiri :)

    jangan terlalu memaksakan diri, pertahap saja melaksanakannya , okay?

    BalasHapus