Kamis, 24 Mei 2012

Manusia dan Keindahan

Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya." (Wikipedia)
 
The Meaning Of Beauty
If asked the question, "What is beautiful?" we would each have a different story to tell. One might describe a garden, another a sunset. To many, it might be a painting, a cathedral or a symphony. To one of us, a particular man or woman might best embody beauty. And if asked what qualities make that person or thing beautiful, the answers would be just as numerous and perhaps even more complex.
Beauty is understood as certain qualities of form or structure which appeal to the senses, usually but not necessarily to the sight. It can also apply to aspects of human character. If I say, "She is a beautiful person," you would need more information to know whether I was talking about the way she looks or the way she behaves.
 (http://archive.suite101.com/article.cfm/living_with_nature/72421)

Dari kedua alinea di atas, bisa disimpulkan bahwa keindahan itu relatif, tergantung dari siapa yang melihatnya, pengertian keindahan seluas- luasnya meliputi keindahan seni, alam, moral, intelektual.


  • Keindahan seni:  Seperti yang kita ketahui, jika kita melihat ke sekitar kita maka ada banyak seni yang bisa kita lihat, seni adalah ciptaan manusia dan kekreatifan manusia dalam mengembangkan apa yang ada dalam imajinasinya kedalam berbagai bentuk. kita bisa menikmati seni melalui bentuknya yaitu musik, patung, tarian, puisi, drama dan masih banyak lagi. tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu seni, art is imagination, dan yang seperti yang kita ketahui semua manusia pasti memiliki imajinasi hanya saja yang menjadi masalah adalah mereka tidak tau bagaimana cara menuangkan dan menyampaikannya. 

  • Keindahan alam:  Alam merupakan ciptaan Tuhan, tinggal bagaimana cara kita merawatnya. ada berbagai tempat di dunia ini yang memiliki keindahan yang luar biasa.




  • Keindahan moral: Keindahan yang dapat dirasakan dari kelakuan dan perbuatan seseorang, biasa disebut inner beauty , sebaik apapun penampilan luar dari seseorang tetapi apabila ia memiliki sifat dan sikap yang tak berkenan bagi orang lain , maka penampilan nya itu hanya sia-sia saja.

  • Keindahan intelektual:  keindahan yang berasal dari kepandaian seseorang atau kepintaran seseorang yang kemudian dilimpahklan dalam kehidupannya. Bagaimana cara seseorang dan kiatnya dalam menyelesaikan atau beradaptasi dengan suatu keadaan dan bagaimana cara ia bertindak untuk mengatasi masalah- masalah yang dihadapkan pada dirinya.




Marilah kita menjaga keindahan baik itu yang ada di sekitar kita, maupun yang berasal dari diri kita sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar