Kamis, 24 Mei 2012

Manusia dan Penderitaan: Phobia

Phobia atau fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Phobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Dalam keadaan normal setiap orang memiliki kemampuan mengendalikan rasa takut. Akan tetapi bila seseorang terpapar terus menerus dengan subjek Phobia, hal tersebut berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya. Penyebab lain terjadinya fiksasi dapat pula disebabkan oleh suatu keadaan yang sangat ekstrem seperti trauma bom, terjebak lift dan sebagainya. (Wikipedia)


Berbagai macam jenis phobia:

Ablutophobia - rasa takut akan mandi/ mencuci
Achluophobia - rasa takut akan kegelapan
Acousticophobia - rasa takut akan kebisingan
Acrophobia - rasa takut akan ketinggian
Agliophobia - rasa takut akan rasa sakit.
Agyrophobia - rasa takut akan jalan atau menyeberang
Aichmophobia - rasa takut akan jarum atau benda runcing
Allodoxaphobia - rasa takut akan pendapat
Altophobia - rasa takut akan ketinggian
Amathophobia - rasa takut akan debu(alergi debu)
Androphobia - rasa takut kepada pria
Aphenphosmphobia - rasa takut disentuh (Haphephobia)
Arsonphobia - rasa takut terhadap api
Astrophobia - rasa takut terhadap bintang atau ruang angkasa
Atychiphobia - rasa takut akan kegagalan
Automysophobia - rasa takut terhadap sesuatu yang kotor
Autophobia- rasa takut akan kesepian atau sendirian
Cleithrophobia or Cleisiophobia - rasa takut terkunci di ruang tertutup
Coulrophobia - rasa takut pada badut 
Dentophobia - rasa takut terhadap dokter gigi
Dextrophobia - rasa takut pada benda di sebelah kanannya
Didaskaleinophobia - rasa takut pergi ke sekolah
Enochlophobia - rasa takut pada keramaian
Entomophobia - rasa takut pada serangga
Felinophobia - rasa takut pada kucing (Ailurophobia, Elurophobia, Galeophobia, Gatophobia)
Glossophobia - rasa takut berbicara di depan umum
Hemophobia or Hemaphobia or Hematophobia - rasa takut pada darah
Lygophobia - rasa takut akan kegelapan
Necrophobia - rasa takut pada kematian
Noctiphobia - rasa takut pada malam
Pediophobia - rasa takut pada boneka 
Xenophobia - rasa takut akan orang asing
Xerophobia - rasa takut akan kekeringan
Xylophobia - rasa takut akan benda dari kayu
Xyrophobia -  rasa takut akan pisau cukur

Dari berbagai macam phobia di atas, saya sendiri tidak tau apa phobia yang saya punya, sejauh ini belum ada yang saya temukan, tetapi jika rasa takut pasti ada, tetapi tidak berlebihan, seperti contohnya takut kecoa, saya hanya takut apabila tiba- tiba ada kecoa yang mendadak melintas di depan saya, tetapi jika saya sudah tau ada kecoa, saya akan merasa biasa saya. Banyak orang yang menyamakan phobia dengan perasaan jijik akan sesuatu adalah sama, tetapi menurut saya berbeda, phobia lebih parah dari pada itu.

Saya memiliki teman yang phobia terhadap boneka, setiap kali melihat boneka, badannya akan gemetaran dan ia menyuruh saya menyingkirkannya dan bahkan ia menutup mata supaya tidak melihat boneka tersebut. sebaiknya terhadap orang-orang yang memiliki phobia, jangan mengganggu mereka seperti memperlihatkan apa yang mereka takutkan langsung di depan mereka untuk dijadikan candaan. Bantu mereka perlahan- lahan supaya ketakutan itu hilang dengan sendirinya. Akan lebih baik jika mereka juga berkonsultasi dan mengikuti terapi untuk memulihkan phobianya. :)


sumber: http://phobialist.com/

2 komentar:

  1. gue? Glossophobia - rasa takut berbicara di depan umum sama Hemophobia or Hemaphobia or Hematophobia - rasa takut pada darah?? hahaha

    BalasHapus
  2. aku takut kehilangan dan tidak bisa percaya

    BalasHapus